facebooklikebutton.co

Sorga dan Neraka

Oleh : Mardiyono

|| Semua orang akan mati, itu sudah pasti. Tetapi yang belum pasti ialah orang akan masuk Sorga atau masuk Neraka. Ketidak pastian ini membuat banyak orang segan untuk berpikir tentang Akhirat.

Mungkin benar juga, orang sudah cukup sibuk untuk memberesi urusannya sekarang, belum juga jika dipaksa harus berpikir tentang masa yang lalu, umpama masih harus melunasi hutang, atau ada tugas-tugas yang masih terbengkalai. Jika masih dibebani harus berpikir tentang yang bakal datang, apalagi Akhirat, rupa-rupanya  terlalu berat bagi manusia.

Meskipun orang tahu, bahwa Akhirat adalah hidup sesungguhnya (QS 29:64), yang abadi, yang harus dipersiapkan sekarang dengan baik, namun intuisi orang memilih untuk tidak perduli apa jadinya nanti.

Tetapi Tuhan Yang Maha Kasih Sayang telah memberi solusi yang sangat efisien, yaitu BUATLAH HIDUP SEKARANG INI SORGA. Tuhan mengajarkan, bahwa ada dua Sorga (QS 2:25, 55:46), yaitu Sorga sekarang dan Sorga Akhirat. Maka juga ada  Neraka sekarang dan Neraka Akhirat. Sorga di Dunia akan diteruskan dengan Sorga di Akhirat (QS 2:25). Neraka di dunia akan diteruskan dengan Neraka di Akhirat (QS 17:72). Maka sekali lagi, kita ciptakan Sorga dalam kehidupan sekarang ini juga.

Ada sakit gigi yang rasanya seperti kepala mau pecah, mata mau keluar, itu Neraka. Ditambah lagi, ada radio-tape di rumah yang suaranya terlalu keras, membuat hati mau meledak. Ditambah lagi, tanggalnya sudah tua, pikiran macet dari mana harus cari uang untuk ke dokter gigi. Ternyata semuanya dapat diatasi. Uang dapat pinjam dari koperasi, segera ke dokter untuk dicabut giginya. Neraka yang dialami jasmani, hati dan pikiran sudah lenyap, bunyi radio-tape yang keras kini tidak perduli, hutang koperasi  potong gaji. Ada lagi neraka, yaitu cekcok antara suami dan istri, saling tidak menyapa beberapa hari lamanya. Tetapi dengan niat yang baik ternyata semua cekcok yang sudah-sudah dapat diakhiri dengan hubungan antara suami dan istri menjadi lebih mesra dari yang sebelumnya. Kesimpulan: Neraka dalam kehidupan sekarang ini jangan ditunda-tunda untuk mengatasinya.

Jasmani, hati, pikir dalam kehidupan sekarang ini juga dapat mengalami Sorga. Sehat walafiat, segar bugar itu Sorga. Hati “legowo” (lapang dada) itu Sorga. Pikiran jernih, cerah, produktif, itu Sorga. Nabi SAW berpesan “Bersyukurlah kepada Tuhan, jika sedang sehat dan hati legowo”. Semua kebutuhan dan keinginan sudah tercukupi itu Sorga. Semua tugas selesai dengan baik itu Sorga. Mempunyai sahabat karib itu Sorga.  Maka semua orang dalam kehidupan sekarang ini tentu pernah mengalami Sorga, serta pernah mengatasi keadaan-keadaan yang Neraka. Berarti orang mempunyai barometer yang meyakinkan untuk mengetahui, apakah jalan hidupnya sekarang ini sudah beres atau tidak sebelum pindah ke Akhirat, yaitu Sorga dan Neraka dialami dalam kehidupan sekarang ini juga.

Sorga dalam kehidupan sekarang ini ditandai dengan SALAM atau damai dan BAHAGIA, rasa TUHAN DEKAT. Adapun neraka disertai dengan TAKUT DAN SUSAH, dengan gejala gelisah, hati  ragu, tidak yakin dengan ibadahnya, berarti  perbuatan atau motivasi orang perlu dibenahi.

Manusia mengalami adanya dua kiblat, yaitu KEDUNIAAN dan TUHAN. Ternyata keduniaan mempunyai daya tarik yang amat sakti, banyak manusia yang merangkul keduniaan seperti merangkul kekasih, namun ada juga akibat yang tak terhindari, yaitu merajalelanya JAHILIAH MODERN dewasa ini, berupa kemaksiatan dan kedholiman, bahkan juga oleh manusia Islam, yang kita lihat sebagai berebut kekuasaan, berebut uang dan kewanitaan yang berkesan kepornoan, tayangan TV makin hari makin “berani”.

Umpama ada dari umat yang ingin berkiblat melulu kepada Tuhan, maka kerjakanlah juga dengan jangan tanggung-tanggung, apalagi Tuhan berkehendak “Wahai manusia, kamu haruslah dengan sekuat tenagamu menuju kepada Tuhan-mu, sampai kamu menjumpai-Nya, yaitu LIQO ULLAH” (QS 84:6). Manusia yang mencari Tuhan tentu juga akan mengalami dua macam cobaan, yaitu Keduniaan dan Kewanitaan, berupa uang, derajat dan sex. Itulah pengalaman Nabi Besar SAW dahulu. Beliau “digiurkan” dengan kekayaan yang melimpah, kedudukan yang tertinggi dan wanita yang tercantik oleh kaum Qureisy, asal beliau berhenti dalam menyebarkan Islam. Penolakan oleh Nabi SAW telah mengubah wajah dunia. Dengan segera lenyaplah jahiliah oleh peradaban dan kebudayaan Islam, kebodohan diganti dengan Ilmu Pengetahuan, umat Islam amat sejahtera.

Dengan berkiblat hanya kepada  Tuhan insya Allah akan terulang kembali KEJAYAAN ISLAM. Namun umat Islam yang sedang gandrung kepada keduniaan kini mengalami neraka (QS 17:18) berupa macam-macam krisis yang berat. Akhlak, cinta kasih, keadilan sudah lenyap. Ditambah lagi dengan turunnya bencana-bencana alam yang dahsyat dan penyakit-penyakit yang mewabah. Mau tidak mau umat Islam haruslah berbenah diri yang jangan tanggung-tanggung. Adapun berbenah diri yang kena dan efisien ialah “KEMBALI KEPADA FITRAH”.  Fitrahnya anak kecil ialah “menempel” pada orang tua dan polos dalam pikir, hati serta perbuatan. Maka kembali kepada Fitrah identik dengan manusia KEMBALI KEPADA TUHAN dan KEMBALI KEPADA KESUCIAN. Maka dari itu “Tuhan cinta kepada mereka yang bertaubat, yaitu kembali kepada Tuhan, dan cinta kepada mereka yang menyucikan dirinya” (QS 2:222). Taubat dilaksanakan  dengan ASLAMA atau serah diri total kepada Tuhan. Dan menyucikan diri dilaksanakan dengan ISTIGHFAR. Maka dengan ASLAMA DAN ISTIGHFAR insya Allah dapat dirasakan di kalbu  cinta kasih Tuhan. Cinta kasih orang tua adalah Sorga bagi anak. Maka tiada Sorga selain CINTA KASIH TUHAN.  “Tidak, mereka yang aslama dan muhsin (berbuat baik), ia menerima ganjaran dari Tuhannya dan baginya tiada takut, tiada susah” (QS 2:112). Ganjaran Tuhan insya Allah itulah SORGA. Maka yang bakal dapat menjamin sorga ialah ASLAMA, ISTIGHFAR DAN BERBUAT BAIK.[]

Komentar

komentar

4 comments

  1. Sambungan…terakir!

    Semoga penemuan2 saya ini dalam mencari Rahasia2 ALLAH akan memberian manfaat sebesar besarnya kepada para pembaca,terutama anak2 muda
    yang sedang mencari kesuksesan dunia dan akirat.

    1.The most pathetic person is those who has the sight but no has vision.

    Kesidihan yang utama dari seseorang adalah orang2 yang mempunyai
    penglihatan tapi tidak mempunyai pandangan atau impian atau dream.

    BENAR BUKAN?

    2.The most pathetic person is those who has knowledge but no has wealth.

    Kesedihan yang sangat adalah orang2 yang mempunyai ilmu pengetahuan
    tapi tidak mempunyai harta atau kekayaan.

    BENAR BUKAN.

    3.The most pathetic person is those who know very well religion, but no has wealth.

    Kesedihan yang memalukan adalah orang2 yang tahu agama dengan baik, tapi mereka tidak mempunyai harta atau uang.

    BENAR BUKAN?

    4. You fool, Do you want to be shown that faith without works is dead or useless.James 2:20,

    You see , then that it is by his works that a person is put right with God,
    and not by his faith alone, His faith and works worked together;
    his faith was made perfect through his works.

    (beragama saja, tanpa bekerja, adalah manusia tidak berguna, mati.
    dengan kata lain, beragama tapi tidak mempunyai harta atau uang alias miskin )

    Mari kita tingkatkan untuk bekerja keras dan berilmu yang tepat dan mari kita berwiraswasta, jangan menjadi pegawai selama hidup, tapi gunakan pengalaman berkerja itu untuk menjadi seorang mandiri,selfe,ployment insya ALLAH , ALLAH akan membrikan jalan yang baik,amin

    BENAR BUKAN?

    With love
    Wassalam

  2. Sambungan…!

    Nasehat Nabi Muhammad;
    Orang2 yang hidupnya miskin sesungguhnya mereka mudah menjadi
    kufur(berada di pintu neraka).HR.Muslim.

    Orang2 Muslim Miskin, hidup dekat pintu neraka. Dia hanya mengharapkan kalau kalau ALLAH meridhoi dia masuk syurg. Tapi secara hukum dan peraturan ALLAH, orang muslim miskin itu berada di pintu neraka baik di dunia maupun di akirat.

    Orang2 Miskin tidak beriman, sudah jelas akan dibuang ke neraka.

    Itu bedanya muslim miskin beriman dan orang miskin tidak beriman.

    Orang2 miskin beriman jauh lebih baik dari orang2 kaya raya uang dan harta seperti Firun daripada muslim Miskin yang tidak berharta.

    Orang Muslim Kaya harta jauh lebih baik dari muslim miskin.

    Sebaik baik pertolongan atas taqwa kepada Allah swt adalah “harta-uang”.HR Baihaqi

    (Betapa tidak, seseorang yang tidak memiliki harta-uang (alias miskin),
    akanhabislah waktunya untuk mencari makan, pakaian, rumah dan
    kebutuhan anak-anak,sekolahnya, kebutuhan pokok lainnya dalam
    kehidupan sehari harinya. Belum lagidiharapkan kepada kesulitan-
    kesulitan yang tidak bisa diatasinya, kecuali denganharta-uang.
    Hal mana akan menghalangi dia untuk berzikir dan berpikir.
    Kemudiantidak akan mendapat kesempatan beribadah haji, zakat,
    sedekah dan amal-amal saleh lainnya. Kemiskinan mudah menjadikan
    orang kepada kufur,berada dekat pintu neraka.)

    Sebuah nasehat dari Khalifah Umar bin Khatab;

    “Pada suatu masa dimana umat muslim sudah meninggalkan usaha
    berniaga,berdagang,pengusaha dan Industri,sebagai mata pencariannya,
    maka umatmuslim yang jutaan jumlahnya, hidupnya akan banyak tergantung
    kepada umatlainnya, akirnya menjadi umat lemah, umat yang selalu tergantung ,umat yangmudah di porak perandakan oleh kekuatan lain”

    Jadi untuk mendapatkan tingkat Muslim Bertaqwa , yaitu banyak rezeki uang
    dan harta HARUSLAH dengan berniaga, tidak bisa dengan menerima gaji
    setiap bulan dgn pendapatan yg sama setiap hari.(PEGAWAI).

    ALLAH telah mengangkat Rasulullah saw dan istrinya sebagai sarai tauladan bagi pengikut2nya dlm mencari rezeki yang banyak dan berkah dari ALLAH.

    With Love
    Wassalam

  3. Sambungan..!
    APAKAH ADA NERAKA DI DUNIA INI?

    Jawabannya adalah ada.
    Sebagaimana ALLAH jelaskan dlm al Quran;

    “Dan sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat di dunia, sebelum azab yang lebih besar di akhirat, mudah-mudahan mereka kembali ke jalan yang benar.”(QS 32: 21).

    ( Azab2 ALLAH di dunia adalah seperti; masuk jail , kemiskinan, penderitaan2 kalah perang, dll adalah bentuk2 azab ALLAH dan hukuman neraka di dunia ini. ).

    Syeria,Pakistan,Afganistan, Yamen, Lebia, Tunisia,algeria, Sudan,somali dll adalah sedang berada di neraka dunia.Karena kesalahan2 ulama2 mereka sendiri yang tidak menerima perbedaan2 dlm memahami ajaran Islam yang lahir 1400 tahun yang lalu.

    Selama ulama2 Wahabi-Salafy Fundamentalis Extrimist, tidak menghormati perbedaan2 dlm memahami Islam, selama itu pula terjadi KONFLIK2 dan pembunuhan2 sesama Islam di negara2 majoritas Islam.

    KONLFIK dlm Islam bersumber dari mempercayahi kitab2 Hadist Muslim dan Bukhari sebagai kitab suci kedua setelah Al Quran. Sedangkan dlm kitab Hadits itu terdapat hadist2 Palsu yang menyesatkan ulama2 Wahabi-Salafy. Karena ada hadist2 Palsu yang di percaya adalah sunnah Rasul,maka mereka tidak segan2 menuduh orang2 muslim Syiah dan Ahmadiya adalah KAFIR dan darahnya adalah halal. Itulah yang sedang terjadi di negara2 konflik diatas itu. Termasuk Indonesia dimana muslim Syiah dan Ahmadiyah di zolimi dan di tindas. Sangat menyedihkan sekali.

    Kapan neraka dunia di negeri2 Islam ini akan berhenti?
    Kalau pemerintah dapat melindungi kaum minoritas seperti di negara2 barat dan Amerika. Itulah satu satunya jalan dan harapan kita.

    With Love
    Wassalam,

  4. Assalamu’alaikum wrwb
    Sdr Mardiyono yg dirahmati ALLAH. Sebuah ungkapan yang bagus dlm memahami Al Quran atau ajaran Islam. Saya hanya ingin memperjelas saja agar pembaca jangan salah paham dgn tulisan anda.Begini.

    ALLAH telah mmeberikan syurga itu di dunia ini sebelum mendapat syurga di akirat. Bagaimana kondisi syurga di ini? Sebagaimana ALLAH juga telah jelaskan dlm al Quran.

    Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.” Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya [1] QS.2;(25).

    Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, (10) niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, (11) dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan [pula di dalamnya] untukmu sungai-sungai. (12) Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah? QS 71; (13)

    Apa makna lambang ; air yang sungai yg mengalir dan ada buah2an. Artinya adalah orang2 yang mendapat kedudukan syurga di dunia ini hidupanya sejahtera,makmur, kaya raya dengan pertanian yg subur,ternak yang banyak, kuda2 pilihan, rumah yang nyaman dan istri dan anak2 yang saleh.

    Dijelaskan lagi oleh ALLAH di kitab sebelumnya kondisi syurga di dunia ini.

    Joshuo; 1:8-9 “Be sure that the book of law is always read in your worship.Study it day and night,and make sure that you obey everything written in it. Then you will be prosperous and successful.
    —————————–
    “Pastikan bahwa kitab Taurat selalu dibaca dalam berdoa.Pelajarilah itu siang dan malam, dan pastikan bahwa Anda mematuhi segala sesuatu yang tertulis di dalamnya. Kemudian hidup Anda akan makmur/sejahtera dan berhasil.

    ————————
    Wise /Taqwa people live in wealth and luxury,but stupid people spend their money as fast as they get it.Proverb 21.20.
    ————————-
    Seorang muslim yang bertaqwa atau wise man, hidup dalam kemewahan, banyak harta dan rumah yang mewah,

    Bagaimana untuk mendapatkan Syurga yang mewah itu?
    ALLAH dan Rasul sudah jelaskan;

    Allah memerintahkan harus bekerja keras dan berilmu yang tepat.
    God said; “You will have to work hard and sweat to make the soil produce anything, until you go back to the soil from which you were formed. You were made from the soil, and you will become soil again” (Genesis 3.18-19.)
    Hadits Bekerja keraslah kamu untuk duniamu seolah olah kamu akan hidup selama lamanya, bekerja keraslah untuk akhirat kamu seolah olah kamu mati esok hari. HR Baihaqi.

    Rasulullah saw memberikan contoh yang tepat bagaimana mendapatkan rezeki yang banyak (harta yg banyak )dari ALLAH sebagai hadiyah dari ALLAH bagi yang bekerja keras untuk ALLAH dan berilmu yg tepat yaitu;
    ============dengan berwira swasta–berniaga—membuat industri2–dan pertanian yg modren atau selfemployment. dll=========

    Tidak bisa dengan cara hanya berdoa banyak2 kepada ALLAH, tidak bisa dengan cara menjadi pegawai dengan hasil yang terbatas.

    Kondisi syurga di akirat jauh lebih MEWAH dari syurga di dunia ini;
    Sebagaimana ALLAJ jelaskan;

    Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga [2] (46) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?, (47) kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. (48) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (49) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. (50) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (51) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. (52) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (53) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat [dipetik] dari dekat. (54) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (55) Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka [penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka] dan tidak pula oleh jin. (56) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (57) Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan. (58) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (59) Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan [pula]. (60) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (61) Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi [3]. (62) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?, (63) kedua surga itu [kelihatan] hijau tua warnanya. (64) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (65) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. (66) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (67) Di dalam keduanya ada [macam-macam] buah-buahan dan kurma serta delima. (68) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (69) Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (70) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (71) [Bidadari-bidadari] yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. (72) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (73) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka [penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka] dan tidak pula oleh jin. (74) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (75) Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah. (76) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (77) Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.QS 55:46- (78)

    PERTANYAAN.
    Orang2 yang tidak beriman kepada ALLAH seperti komunis tooh mendapat hadiyah rezeki yang banyak dari ALLAH. Kenapa?
    Jawabannya adalah; ALLAH Maha Adil di dunia ini. ALLAH akan memberikan rezeki yangsama kepada orang beriman dan tidak beriman asalkan saja sama sama bekerja keras dan berilmu. Seperti Firun juga banyak harta dan mempunyai kekuasaan lagi.

    Bedanya adalah; Orang2 beriman yang kaya raya mendapat 2 syurga yaitu syurga dunia dan syurga Akirat.

    Sedangkan orang tidak beriman kepada ALLAH hanya mendapat Syurga dunia saja, di akirat akan dibuang ke neraka dan bahan bakar nya adalah hartanya itu sendiri.

    JADI yang yang mendapatkan hadiyah syurga dunia dan akirat itu disebutkan di al Quran adalah MUSLIMBERTQWA. Seorang Muslim tingkat tinggi. Tidak ada dlm al Quran seorang mengaku Islam akan mendapat syurga dunia dan akirat. Karena menjadi Islam itu sangat mudah sekali,dgn membaca dua kalimat shahadad. Sedangkan utk menjadi muslim bertaqwa itu sangat sulit harus bekerja keras, berilmu yg luas dan tepat guna, dan harus berwiraswasta.

    Lanjutkan definis muslim bertqwa disini;
    http://muslimbertaqwa.blogspot.com/p/difinisi-taqwa.html

    With love
    Wassalamu’alaikum wrwb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*