facebooklikebutton.co

Cinta Kasih dan Keindahan

Oleh : Mardiyono

 

|| Ada seorang profesor matematika yang suatu ketika dalam memberi kuliahnya memberi selingan, “Matematika itu seperti gadis, jika anda acuh kepada matematik, akan dibalas dengan acuh, jika anda cinta kepada matematik, akan dibalas dengan berlipat-lipat”. Kiranya sang profesor telah mengalami bahwa menjadinya dia amat menguasai matematika, sebab amat cintanya kepada matematika. Dan pasti matematika adalah INDAH baginya.

Ternyata siapapun dapat cinta kepada ilmu yang manapun, dan ia akan dibalas dengan penguasaan yang penuh atas ilmu itu, dan pasti ilmu itu indah baginya.  Maka “semua ilmu itu seperti gadis, acuh kepada ilmu akan dibalas dengan acuh, cinta kepada suatu ilmu akan dibalas dengan berlipat-lipat”. Maka luar biasalah daya cinta kasih yang keindahan pasti menyertainya.

Guru yang cinta kepada mata-pelajaran yang ia berikan akan menguasai penuh apa yang diajarkan, membuat mengajarnya seperti “kesurupan”, itulah keindahan yang adalah daya tarik tersendiri bagi para siswa. Demikian juga diri dicurahkan kepada  profesi apapun dasarnya ialah cinta kepada profesi itu dan akan mendatangkan prestasi-prestasi. Juga usaha apapun akan berhasil dengan sukses jika dikelola dengan cinta kasih. Mengelola apapun yang profesional mendatangkan sukses, dan profesionalisme dasarnya adalah cinta kasih.

Dapat dibuat kesimpulan bahwa Tuhan berada dibelakang semua aktivitas manusia. Tuhan Maha Tahu dan Maha Adil, bagi manusia yang beraktivitas dengan cinta kasih, Tuhan akan memberi sukses yang berlipat-lipat. Dan yang dialami manusia adalah serba KEINDAHAN.

Insya Allah suatu keluarga mengalami evolusi dan kebahagian jika orang tua dan anak-anak bersatu dalam cinta kasih dan keindahan. Demikian juga insya Allah jika kalbu manusia berada dalam cinta kasih dan keindahan, manusia bakal mengalami sehingga akhirnya yakin bahwa Tuhan menjadi makin dekat dan makin dekat lagi setiap saatnya. Tuhan menyampaikannya dalam ayat “Allah telah membuatmu CINTA kepada iman dan membuatnya INDAH di kalbumu” (QS 49:7). Itulah tandanya manusia sudah ber-IMAN. Maka cinta dan keindahan tersebut pasti akan dialami, jika salatnya KHUSYUK karena sudah beriman (QS 23:1,2). Maka kita kerjakan salat, dikir, istighfar dengan mencari keindahan di kalbu, dengan sendirinya kalbu berada dalam cinta kasih yang identik dengan PENINGKATAN lahir batin. Maka sedang berada dalam keadaan yang bagaimanapun, kita cari untuk adanya cinta kasih dan keindahan di kalbu. Bukankah manusia telah diberi oleh Tuhan serba KEINDAHAN dengan dapat melihat, mendengar, berpikir, berperasaan, menerima ilham-ilham dari Tuhan(QS 10,64, 91:8), kesadaran akan itu semua  mendatangkan CINTA KASIH,  dibalas dengan berlipat-lipat berupa evolusi lahir batin. Sehingga insya Allah manusia bakal mengalami dirinya makin dekat kepada Tuhan dan makin dekat lagi.[]

Komentar

komentar

2 comments

  1. Tambahan tulisan diatas.

    Orang2 yang membaca dan mengamalkan kitab Injil, ALLAH akan berikan kedalam hatinya rasa kasih sayang dan santun.

    Kemudian Kami iringkan di belakang mereka rasul-rasul Kami dan Kami iringkan (pula) Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang.QS.57:27.

    Then, in their wake, We followed them up with (others of) Our Messengers: We sent after them ‘Isa the son of Maryam, and bestowed on him the Gospel; and We ordained in the hearts of those who followed him Compassion and Mercy.

    Oleh karena itu kita lihat bangsa Barat yang beragama Kristen yangbmengamalkan ajaran2 Nabi Jesus diatas itu mempunyai RASA SANTUN DAN KASIH SAYANG baik kepada manusia dan binatang.Baik kepada teman mapun kepada orang2 berbeda agama, bahkan mantan musuhnya.

    With Love

  2. Assalamu’alaikum wrwb.
    Saya ingin menambahkan tulisan sdr Mardiono tentang kasih sayang dan cinta dalam Islam.

    Sesunguhnya kasih sayang dan cinta itu bersumber dari ALLAH swt yang menciptakan manusia dengan kasih sayang dan cinta. Kalau bukanlah kasih sayang dan cinta ALLAH,manusia tidak bisa hidup di dunia ini.

    Coba perhatikan kasih sayang seorang ibu dan ayah kepada anaknya yg tinggal di hutan2, tanpa ada orang lain yang mengajarkan, ayah dan ibu melindungi dan memberikan makan kepada anak2nya. Termasuk makhluk ALLAh lainya yaitu binatang. Mereka juga mengasihi anak2nya tanpa ada yang mengajarkan,kecuali datang dari fitrah atau dari ALLAH penciptanya.

    Bagi kita yang telah beriman kepada Rasul dan ALLAH lewat mempelajari kitab2 ALLAH maka kita mengetahui bahwa ALLAH itu memberikan begitu banyak rahmat2nya kepada manusia agar manusia dapat hidup DAMAI–SEJAHTERA–HARMONI dan MENGENAL ALLAH penciptanya.

    Karena kita sudah beriman,maka kasih sayang dan cinta kita lebih baik dari pada manusia2 hutan yang tidak menerima pelajaran tambahan dari ALLAH,bukan saja fitrah tapi dari kitab2 ALLAH.

    ALLAH mengatakan dlm kitab2nya;

    AKU mencintai kamu,manusia,maka cintailah ALLAH dengan sepenuh hati,sepenuh jiwa dan sepenuh pikiran.

    Matthew 22.37. Jesus replied: “‘Love the Lord your God with all your heart and with all your soul and with all your mind.’b 38This is the first and greatest commandment. ‘Love your neighbor as yourself.’c 40.

    Romans 12:20 On the contrary: “If your enemy is hungry, feed him; if he is thirsty, give him something to drink.

    Matthew 5:44 But I tell you: Love your enemies and pray for those who persecute you,

    Proverbs 25:21 If your enemy is hungry, give him food to eat; if he is thirsty, give him water to drink.

    Luke 6:27 “But I tell you who hear me: Love your enemies, do good to those who hate you,

    1 John 4:21 And he has given us this command: Whoever loves God must also love his brother.

    John 2:10-11. Whoever loves his brother lives in the light, and there is nothing in him to make him stumble. 11But whoever hates his brother is in the darkness and walks around in the darkness; he does not know where he is going, because the darkness has blinded him.

    Do not mistreat or oppress a foreigner in living in your country, love them as you love self. Remember that you were foreigner in Egypt”. (Laviticus 19:33).

    Kemudian ALLAH menjelaskan lagi di Al Quran;

    Say: “If ye do love Allah, follow me: Allah will love you and forgive you your sins; for Allah is Oft-Forgiving, Most Merciful.” QS.3;(31)

    Katakanlah, jika kamu benar2 mencintai ALLAH, ALLAH akan mencintai kamu dan memaafkan semua dosa2 kamu; Oleh karena itu ALLAH adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

    Joshuo; 1:8-9 “Be sure that the book of law is always read in your worship.Study it day and night,and make sure that you obey everything written in it. Then you will be prosperous and successful.

    Siapa2 yang benar2 mencintai ALLAH,maka ALLAH akan mengapuskan dosa2nya dan akan diberikan kehidupan yang SUKSES DAN HARTA YANG BANYAK.

    Kemudian ALLAH menjelaskan lagi. lakukan setiap pekerjaan dangan cinta.

    What ever we do, be done with love of God (Cor.16:13).(Cor.16:13).
    Apa saja yang kita kerjakan hendaklah dengan kasih sayang dari ALLAH.

    KESIMPULAN.
    Orang2 yang benar2 sadar bahwa ALLAH sangat mencintai nya dengan memberikan segala macam rahmatnya, namun manusia harus kembali mencintai ALLAH.

    Untuk mencintai ALLAH yang Gaib yaitu mengikuti semua perintah2NYA dengan ikhlas dan baik, salah satu peritahnya seperti diatas itu yaitu cintailah manusia semuanya tanpa melihat agama,suku, jenis, dan warna kulit. Dan juga cintailah musuh2mu dan orang asing yang datang ke negeri kamu.

    Jangan seperti Klompok Islam Garis Keras,MUI,dan Menteri agama Syuryadarma Ali, yang baru baru ini membenci dan menolak kedatangan penyanyi Lady Gaga dan Irshad manji yang berbangsa Amerika.

    Alasan yang diberikan adalah karena budayanya Amerika dapat merusak budaya Islam.Klompok Islam Garis Keras ini adalah seperti manusia primitif yang tinggal dihutan2 yang takut dengan budaya luar yang akan merusak budaya mereka.

    Sedangkan ALLAH dan Rasul memerintahkan umat Islam untuk mencari ilmu kepada negara2 asing walaupun mereka belum beriman dan berbeda budaya dan agama. Tututlah ilmu ssampai kenegri China sekalipun.

    Itulah salah satu contoh mereka bukan mencintai manusia yang berbeda beda, malah membencinya.

    Bersambung..masalah kasih sayang dan cinta.

    PENTINGNYA KASIH SAYANG DAN CINTA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA DI BUMI INI;

    http://muslimbertaqwa.blogspot.com/2010/12/penting-kasih-sayang-dalam-kehidupan_01.html

    With love
    Wassalamu’alaikum wrwb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*