facebooklikebutton.co

Tentang Situs Ini

Situs www.ahmadiyah.org adalah situs resmi Gerakan Ahmadiyah-Lahore Indonesia (GAI).

Situs ini dirintis sejak tahun 2002, di masa awal kepemimpinan Bapak Fathurrahman Ahmadi Dojosoegito, sebagai ketua umum Pedoman Besar (PB) GAI kala itu. Tetapi baru dilaunching pada tahun 2004, dan mulai secara resmi disosialisasikan pada Jalsah Salanah (Pengajian Tahunan Skala Nasional) GAI di bulan Desember 2004, yang diselenggarakan di Yogyakarta.

Situs ini dihadirkan dengan latar peralihan abad milenium, dimana perkembangan teknologi internet semakin meluas ke berbagai negara, termasuk indonesia. Pergeseran budaya konsumsi informasi dari media cetak ke media digital pun mulai terjadi. Banjir bandangnya informasi melalui media internet ini menjadi suatu hal yang tak terelakkan.

Hal itu dilihat oleh GAI sebagai peluang untuk memperluas dakwah melalui penggunaan medium baru, yakni media digital, yang bisa dipublikasikan melalui jaringan internet.

Atas dorongan dari berbagai kalangan, dalam hal ini anggota dan pengurus GAI dari berbagai cabang, Pedoman Besar kemudian merintis sebuah situs dengan alamat “www.ahmadiyah.org”.

Situs ini diterbitkan sebagai salah satu metode dalam syiar/dakwah Islam. Setidaknya terdapat 4 tujuan utama website ini diterbitkan:

  1. Komunikatif. Menjadi medium komunikasi & silaturahmi antar anggota maupun non anggota
  2. Informatif. Menjadi medium sosialisi, melalui penyediaan informasi yang benar kepada masyarakat luas, di tengah-tengah banyaknya informasi yang keliru, mengenai jati diri, visi-misi, dan aktivitas dakwah Gerakan Ahmadiyah-Lahore Indonesia (GAI)
  3. Produktif. Menjadi medium produksi bagi warga/anggota GAI khususnya, dalam hal ini produksi karya tulis.
  4. Dokumentatif. Menjadi medium dokumentasi berbagai aktivitas syiar/dakwah Islam yang diselenggarakan oleh GAI khususnya, dan yang diselenggarakan oleh kaum muslimin lainnya, yang selaras dengan visi-misi GAI. Termasuk juga dokumentasi berbagai informasi yang berkaitan dengan GAI, yang terdapat pada situs penyedia informasi lainnya.

Tulisan yang dimuat dalam website ini, utamanya artikel dan opini, adalah karya tulis yang selaras dan atau tidak bertentangan dengan visi-misi GAI. Kontributor situs adalah setiap orang, baik anggota maupun bukan anggota, yang bersedia secara suka rela karya tulisnya dimuat dalam situs ini.

Karya tulis kontributor hanya akan dimuat jika materi tulisan tidak bertentangan dengan visi-misi GAI, dan menyatakan kesediaan, tertulis ataupun tidak, bahwa tulisannya dapat dimuat dalam situs ini secara sukarela.