Warta Keluarga

SMK PIRI 1 Yogyakarta Tutup Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan Baksos

JOGJA—SMK PIRI 1 Yogyakarta menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 10-14 Juli 2023.

Abdullah Lubis, Ketua MPLS SMK PIRI 1 Yogyakarta mengatakan jumlah total peserta MPLS sebanyak 199 siswa, peserta aktif 194 siswa yang terdiri atas 170 siswa putra, dan 24 siswa putri.

“Kegiatan MPLS meliputi materi sesuai Surat Edaran Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga No. 421/06752 tentang Hari Pertama Masuk Sekolah dan Pengenalan Lingkungan Sekolah,” kata Abdullah melalui keterangan tertulis.

Para siswa juga mendapat materi Wawasan Wiyata Mandala dan keunggulan sekolah yang disampaikan Waka Kurikulum SMK PIRI 1 Yogyakarta; pendidikan karakter, pencegahan, penyalahgunaan tindak kekerasan di lingkungan sekolah, dan sekolah ramah anak, oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI); pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika oleh BNN Kota Jogja; kampanye sekolah sehat, dan satuan pendidikan aman bencana oleh Puskesmas Gondokusuman; pencegahan intoleransi dan radikalisme, budaya antikorupsi dan pengunggahan praktik baik di jogja.id, oleh Ketua Komisi A DPRD DIY; dan pengenalan budaya Jogja melalui Kunjungan ke Museum Benteng Vredeburg bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY.

“MPLS dilaksanakan untuk identifikasi dan asesmen potensi diri siswa, membantu beradaptasi di lingkungan sekolah, dan memotivasi siswa baru untuk lebih bersemangat dan cara efektif belajar. MPLS ditutup dengan baksos ke warga sekitar dan masyarakat yang membutuhkan melintas di depan SMK PIRI 1 Yogyakarta. 200 paket sembako dibagikan,” kata Kepala SMK PIRI 1 Yogyakarta Beni Setyo Wibowo. (*)

Retrieved from : Harian Jogja – 14 Juli 2023

Penulis : Galih Eko Kurniawan

Yuk Bagikan Artikel Ini!

Comment here

Translate »