facebooklikebutton.co
SENTUHAN RUHANI

Doa & Kehidupan Ruhani

Jalan untuk menggapai kehidupan ruhani antara lain berdoa. Ini merupakan hal yang sangat penting. Selain itu, bergaul dengan orang-orang baik dan tulus, serta meninggalkan semua prasangka buruk.

Sebagaimana orang yang tak mau meninggalkan tempat yang dilanda wabah, dia berada dalam keadaan berbahaya. Begitu pula,  orang yang tidak mau mengubah keadaannya, tidak berpikir bagaimana untuk memperoleh kehidupan suci, dan tidak berdoa kepada Allah, maka dia dalam keadaan berbahaya.

Tidak ada Nabi yang datang di dunia yang tidak mengajarkan doa. Doa adalah hal yang menciptakan hubungan antara hamba dengan Tuhan. Melangkah di jalan ini sulit. Tetapi bagi orang yang melangkah, maka doa bisa sebagai sarana yang membuat mudah kesulitan itu.

Doa adalah persoalan yang begitu halus, yang pelaksanaannya juga sangat sulit. Orang tidak dapat menjelaskannya, selagi dia sendiri tidak berpengalaman tentang doa dan hakekatnya.

Singkatnya, apabila manusia terus menerus berdoa kepada Allah Ta’ala, maka dia akan menjadi manusia yang berbeda. Kotoran ruhaninya akan hilang, dan dia menemukan semacam ketenteraman dan kebahagiaan. Dia terlepas dari semua jenis prasangka buruk dan kemunafikan. Kemudian dia tahan menghadapi segala kesulitan yang muncul di jalannya.

Hanya demi Allah dan demi memperoleh ridha Allah, dia sabar menanggung kekerasan atau penderitaan, yang orang lain tidak sanggup menanggungnya. Maka Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah dan Maha Pengasih melihatnya dan menukar semua penderitaan dan kotoran hati itu dengan kebahagiaan.

(Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, Malfuzat Ahmadiyyah, jilid 1, hlm. 284. Diterjemahkan oleh Yatimin A.S.)

Comment here