Nasehat Imam Zaman

Jangan Mau Jadi Ulama Badut!

Apakah sebab utama yang menyebabkan kemunduran umat Islam? Sebab utamanya ialah karena ulama mereka kehilangan kesucian batin.

Kebanyakan para ulama tidak lillaahi ta’ala. Artinya, perbuatan mereka sudah dicampuri oleh motif-motif duniawi, seperti misalnya motif kebesaran diri, mencari pengaruh, dsb.

Mereka senang sekali mendapatkan tepuk tangan dari umat. Akibatnya, seluruh kekuatan mereka tumpahkan untuk menyenangkan umat.

Dengan cara seperti itu, dapatkah mereka mengubah batin umat Islam?

Berlainan sekali dengan perbuatan para mujaddid dan orang-orang tulus. Perbuatan mereka semata-mata ditujukan untuk mencari ridla Allah.

Mereka hanya punya niat hendak menunjukkan kebenaran kepada manusia. Semua perbuatan mereka didasarkan atas motif lillaahi ta’ala, jauh dari motif mencari ketenaran, tepuk tangan, pengaruh, dsb.

Sekalipun mereka tahu bahwa ucapan mereka tak disukai oleh umat manusia, mereka tetap tak menghiraukannya, asalkan ucapan mereka diridhai oleh Allah Ta’ala.

Oleh sebab itu, kebanyakan umat manusia tidak senang, dan tidak sedikit yang melancarkan fitnah dan permusuhan terhadap mereka.

Hendaklah para pengikutku menyadari betul-betul hal ini. Janganlah engkau kotori perbuatanmu dengan motif-motif duniawi.

Jika engkau berceramah atau menulis, janganlah engkau berpuas diri dengan kata-kata yang indah. Jadikan ceramah dan tulisanmu semata-mata ditujukan untuk mencari ridla Allah semata-mata.

Sungguh, Allah tahu apa yang ada dalam batinmu!

Jika engkau berbicara hanya untuk mencari kepuasan umatmu, kemungkinan besar setan telah mencampuri ucapanmu, dan menyelewengkanmu dari jalan yang benar.

Dan dengan begitu, engkau hanya akan seperti badut, yang melakukan sesuatu dengan tujuan hanya untuk menyenangkan para penontonnya.

 

Nasehat Imam Zaman Hazrat Mirza Ghulam Ahmad
Sumber : Majalah Warta Keluarga GAI, No. 5, Mei 1971

 

Comment here