Akademika

Peran Historis Ahmadiyah dalam Wacana Gerakan Modernisasi Islam di Indonesia

Dibanding dengan studi dan penelitian lain yang menyangkut gerakan dan organisasi Islam di tanah air, sejarah Ahmadiyah di Indonesia merupakan bidang yang paling sedikit dikaji oleh para ilmuan. Ahmadiyah tak ubah seperti ‘sebuah titik yang terlupa’ dalam perjalanan panjang bangsa Indonesia.

Walaupun misi pertama gerakan ini ke tanah air telah dimulai lebih dari delapan puluh tahun lalu, sampai sekarang keberadaan kelompok ini masih tetap dipandang dengan penuh prasangka baik secara teologis utamanya masalah kenabian; sosiologis karena sifatnya yang cenderung ekslusif; atau politik konspiratif karena Ahmadiyah ditengarai sebagai bagian dari hegemoni para kolonialis untuk melemahkan Islam ‘dari dalam’.

Terlepas dari kontroversi itu, tak banyak yang tahu bahwa Ahmadiyah baik Qadiani maupun Lahore sebenarnya ‘pernah’ memberi sumbangsih penting dalam perjalanan sejarah modernisasi Islam Indonesia.

Tulisan ini berusaha melihat secara umum tentang sumbangsih yang diberikan oleh gerakan Ahmadiyah dalam pembentukan wacana Islam modern dan modernisasi Islam di Indonesia

 

  • Judul Artikel : Sisi yang Terlupa: Peran Historis Ahmadiyah dalam Wacana Gerakan Modernisasi Islam di Indonesia
  • Penulis : Ismatu Rofi | UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/PPIM UIN Jakarta
  • Sumber : Al-Adyan, Jurnal Studi Lintas Agama, Vol. 15 No. 2, Juli-Desember 2020

Comment here