facebooklikebutton.co
BERITA

Silaturahmi dan Pengajian warga GAI Kediri di Blitar

Pada Minggu Sore, 4 Juli 2021, GAI Kediri melaksanakan Silaturahmi dan Pengajian di Kediaman Bapak H. Mutim Sudian dan Ibu Hj. Siti Khoiriyah di Dusun Ponggok, Desa Ponggok, Kec. Bacem, Blitar.

Dari Kediri berangkat satu rombongan sejumlah hampir 50 orang dengan mengendarai bus yang sebelumnya disewa oleh Pengurus Cabang. Para peserta pengajian bertolak menuju Blitar selepas dzuhur, setelah sebelumnya berkumpul di Markas GAI Adan-Adan dan melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di sana.

Setiba di Blitar, rombongan pengajian disambut oleh Ibu Siti Khoiriyah selaku sohibul bait. Dalam sambutannya, Ibu Siti menyampaikan hajat, meminta jamaah yang hadir untuk bersama-sama mendoakan almarhum putranya, Saldin Ahmada, yang wafat pada 6 Juni 2021, selain juga mendoakan semua anggota keluarga beliau yang telah mendahului menghadap Allah Ta’ala.

Jamaah pun kemudian melantunkan wirid, tahlil, dan doa, dipimpin oleh Haji Muskanan. Dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Kyai Usman Gumanti dengan tema dzikrul-maut.

Dalam tausiyahnya, Kyai Usman antara lain mengutip Hadits Nabi, yang menyatakan bahwa manusia seringkali tertipu oleh dua kenikmatan yang dikaruniakan Allah kepadanya, yakni nikmat sehat dan waktu senggang. Dzikrul-maut karenanya menjadi penting sebagai sarana bagi manusia untuk mengingat-ingat bahwa kehidupan di dunia ini hanya bersifat sementara. Dunia harus dijadikan wahana untuk mengumpulkan bekal bagi kehidupan akhirat yang kekal.

Pengajian berakhir menjelang shalat ashar, dan peserta pengajian rehat sejenak sambil menikmati hidangan yang disediakan oleh sohibul hajat.

Sesudah melaksanakan shalat ashar berjamaah, jamaah pengajian pun berpamitan, dan dihantar oleh sohibul bait dengan buah tangan, sebagai wujud sedekah dan rasa syukur keluarga atas kehadiran jamaah, dan keikutsertaan mereka berdoa bersama keluarga.