AkademikaPerguruan Islam Republik Indonesia

Pendidikan dan Pendidikan Sejarah di Perguruan Islam Republik Indonesia Yogyakarta 1947-2005

Gerakan Ahmadiyah Indonesia (GAI) atau dikenal dengan Ahmadiyah Lahore merupakan salah satu gerakan pembaharuan Islam di Indonesia yang sezaman dengan Muhammadiyah dan NU. Namun karena sering dipahami sebagai kelompok minoritas yang berbeda, mengakibatkan terabaikannya aspek-aspek kontributifnya dalam masyarakat, misalnya aspek pendidikannya.

Salah satu amal usaha GAI bidang pendidikan adalah pendirian sekolah umum di bawah nama Yayasan PIRI atau Perguruan Islam Republik Indonesia, yang berdiri tahun 1947.

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang pendirian sekolah, strategi dan tokoh-tokoh yang berperan penting dalam usaha tersebut.

Di samping itu, tulisan ini juga menjelaskan kurikulum pengajaran sejarah pemikiran dan gerakan Ahmadiyah yang disebut dengan ke-PIRI-an.

Berdasarkan pengumpulan data lapangan, baik wawancara, dokumen resmi dan sekunder, konsep pendidikan dan pengajaran sejarah organisasi banyak dipengaruhi oleh pemikiran tokoh Ahmadiyah Lahore di Indonesia dalam tulisan-tulisannya, meskipun tetap merujuk juga pada pemikiran Ahmadiyah Lahore pusat (Ahmadiyya Anjuman Isha’ati Islam Lahore).

Dalam perjalanannya, terdapat penyesuaian-penyesuaian kurikulum dimana faktor kultural, sosial dan kebijakan Negara menjadi faktor pendorong dalam perubahannya.

  • Judul Artikel : Pendidikan dan Pendidikan Sejarah di Perguruan Islam Republik Indonesia Yogyakarta 1947-2005
  • Penulis : Rezza Maulana | Al-Jami’ah Research Center Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Dipublikasikan di Jurnal Sejarah Vol. 03 No. 1, Juni 2019

[junkie-button url=”https://ahmadiyah.org/wp-content/uploads/2022/08/Pendidikan_dan_Pendidikan_Sejarah_di_Per.pdf” style=”light-blue” size=”small” type=”round” target=”_self”] Unduh Di Sini [/junkie-button]

Yuk Bagikan Artikel Ini!

Comment here

Translate »