facebooklikebutton.co

Ternyata Kakek Sophia Latjuba Adalah Orang Penting di Negara RI

Kapanlagi.com – Nggak banyak yang tahu latar belakang kehidupan Sophia Latjuba. Aktris yang juga ibunda Eva Celia ini memang sangat tertutup soal urusan pribadinya. Namun, beberapa hari lalu wanita 45 tahun ini mengungkap sebuah fakta mengejutkan tentang kakeknya.

Sophia yang lahir dari keturunan Bugis-Jerman ternyata mempunyai kakek yang pernah jadi orang penting di NKRI. Bernama Mahmud Lamako Latjuba, kakek Sophia adalah pendiri GAI atau Gerakan Ahmadiyah Indonesia pada 1928.

“Mengenang Eyang Mahmud Lamako Latjuba. Lahir 2 Mei 1909 di Una-una, Sulawesi Tengah. Wafat 7 Desember 1975 di Jakarta. Beliau adalah anak keturunan Arab bermukim di nusantara sejak lama. Sejak muda meninggalkan kampung halamannya untuk menuntut ilmu di Yogyakarta. Mula pertama datang ke Yogyakarta, beliau tinggal di di rumah H.O.S. Tjokroaminoto. Pada 28 Desember 1928 beliau mendirikan De Ahmadiyya Beweging, yang di tahun 1930 resmi bernama Gerakan Ahmadiyah Indonesia Centrum Lahore,” demikian tulis Sophia di caption foto ini.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*